Tuesday, March 5, 2013

Cara Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Sistem kekebalan tubuh adalah elemen penting dari tubuh manusia untuk  melawan penyakit dan infeksi. Jika sistem kekebalan tubuh kita kuat maka kita dapat menjaga kondisi kesehatan dari ancaman penyakit, infeksi atau alergi. Misalnya, dalam menghadapi musim pancaroba dari musim kemarau ke musim hujan. Pada peralihan musim seperti itu, menjaga dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh sangatlah penting, apalagi menjelang pemilihan gubernur dan calon gubernur Sumatera Utara.



Untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh harus dimulai dari diri kita sendiri. Yaitu dengan menjalankan pola hidup bersih dan sehat secara konsisten. Ini mencakup kebersihan diri, rumah dan lingkungan serta ada keseimbangan antara konsumsi makanan, olah raga, dan istirahat yang cukup.

Meningkatkan sistem kekebalan tubuh yang tepat

Berikut ini adalah beberapa  cara meningkatkan sistem kekebalan tubuh yang bisa kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari agar kita tetap sehat dan kuat dalam melawan penyakit dan infeksi.

1. Menjaga kebersihan

Menjaga kebersihan berpengaruh secara tidak langsung pada meningkatnya sistem kekebalan tubuh. Sebab menjaga kebersihan berarti menjauhkan kita dari kuman dan bakteri, sekaligus mencegah kita dari infeksi dan penyakit.

2. Makan buah-buahan dan sayuran segar

Buah dan sayuran adalah sumber berbagai macam vitamin, serat, dan antioksidan alami, yang sangat bermanfaat untuk meningkatkan system kekebalan tubuh kita. Buah dan sayuran juga merupakan sumber gizi yang tak tertandingi.

3. Berolah-raga

Banyak penelitian menunjukkan bahwa rutin berolahraga dan melakukan aktifitas fisik dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, yaitu dengan meningkatkan jumlah sel darah  putih dalam tubuh untuk membantu melawan berbagai macam penyakit. Sebaliknya kurang berolahraga dapat melemahkan sistem kekebalan  tubuh dan meningkatkan risiko penyakit atau infeksi.

4. Tidur yang cukup

Tidur merupakan cara istirahat yang terbaik. Tidur yang cukup berarti sistem kekebalan tubuh memungkinkan untuk berfungsi dengan baik. Saat kita tertidur, tubuh akan mengembalikan kebugaran dan memperbaiki sel-sel yang rusak.
Kurang tidur dalam jangka waktu lama akan beresiko terkena berbagai macam penyakit.

5. Minum air putih

Air putih dapat membantu keseluruhan fungsi tubuh kita termasuk sistem kekebalan. Air berperan baik dalam mengeluarkan racun dari dalam tubuh. Begitu pentingnya air sehingga dalam sehari kita dianjurkan minum 8 gelas air putih.

6. Hindari stress

Jika kita mampu mengelola stress, maka “secangkir stress” mungkin diperlukan untuk memotivasi kita agar maju dan berkembang. Namun stress yang tinggi dapat berakibat buruk bagi kesehatan termasuk sistem kekebalan tubuh. Stress yang tinggi dapat berdampak pada ketidakseimbangan hormon dalam tubuh dan merusak fungsi sistem  kekebalan tubuh.

7. Menjaga berat badan

Sebagian besar ilmuwan berpendapat bahwa kelebihan berat badan atau obesitas dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh. Mengkonsumsi makanan sehat dan rutin berolahraga sangat dianjurkan bagi orang dengan kelebihan berat badan atau obesitas. Yakni untuk mengurangi resiko komplikasi berbagai macam penyakit.

8. Konsumsi madu, habbatussauda dan minyak zaitun

Madu, habbattussauda dan minyak zaitun adalah tiga jenis makanan yan sangat baik untuk meningkatkan system kekebalan tubuh. Kehebatan dari tiga jenis makanan ini sudah sangat dikenal di seluruh dunia. Ketiganya merupakan warisan ilmu pengobatan dari masa lalu yang sampai sekarang masih terjaga dengan baik.

9. Jangan merokok

Merokok tidak ada manfaatnya bagi kesehatan. Dalam kemasan bungkus rokok bahkan tertulis dengan jelas “Merokok dapat menimbulkan serangan jantung, impotensi dan gangguan kesehatan dan janin”.

Kaitannya dengan system kekebalan, merokok juga dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh. Racun yang ada di setiap batang rokok dapat merusak fungsi sel kekebalan tubuh. Itulah mengapa perokok lebih rentan  terhadap berbagai macam gangguan kesehatan seperti asma, bronchitis, ispa dan pneumonia. Jika kita serius ingin meningkatkan sistem kekebalan tubuh, maka jangan merokok.

10. Jangan minum alkohol

Banyak penelitian telah memperlihatkan akibat mengkonsumsi alkohol yang berlebihan. Mengkonsumsi akohol dapat menghancurkan antibodi tubuh yang diperlukan untuk melawan sel yang terinfeksi oleh virus. Para pecandu alkohol lebih rentan menderita infeksi dan penyakit seperti tuberkulosis.

Akhirnya, sistem kekebalan tubuh adalah sesuatu yang sifatnya fluktuatif. Sistem kekebalan tubuh bisa meningkat dan bisa pula menurun. Seberapa efektif upaya kita dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh sangat bergantung kepada bagaimana kita menjalani pola hidup kita sehari-hari. Apakah kita menjalankan pola hidup yang bersih dan sehat atau malahan sebaliknya. 


0 komentar:

Post a Comment