Tuesday, December 29, 2015

Manfaat Jahe Buat Kesehatan

Banyak diantara kita yang sudah mengetahui apa itu Jahe. Namun, masih banyak juga yang belum tahu seperti apa itu bentuk dari tanaman jahe. Jahe merupakan tanaman rimpang yang sangat populer sebagai rempah-rempah dan bahan obat. Dalam bahasa latin, jahe sering disebut dengan Zingiber Officinale. Siapa sih yang belum kenal dengan tanaman jahe? Tanaman yang sering dijumpai di daerah pedesaan. Tanaman ini wajib ditanam di rumah-rumah untuk sekedar menjadi obat tradisional loh. Selain itu, biasanya jahe juga sering digunakan oleh ibu-ibu rumah tangga untuk bumbu memasak. Jahe, juga sering digunakan oleh sebagian orang sebagai penghangat tubuh. Apalagi pada cuaca yang sedang hujan terus menerus seperti sekarang ini. Sangat cocok mengkonsumsi jahe agar tubuh merasa hangat. Tanaman satu ini juga sering dibuat sebagai wedang untuk menghangatkan tubuh. Kandungan jahe sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Sebut saja senyawa Phenol yang terbukti memiliki efek anti-radang dan diketahui ampuh mengusir penyakit sendi juga ketegangan yang dialami otot. Selain itu, rimpang jahe juga mengandung zingilberene dan shogol yang akan berfungsi sebagai anti-oksidan dan juga efektif melawan penyakit kanker pun jantung. Nah, selain bermanfaat sebagai penghangat tubuh, jahe juga sangat bermanfaat sebagai kesehatan tubuh. Banyak akan manfaat dari tanaman jahe ini. Berikut akan kami bahas mengenai manfaat jahe bagi kesehatan tubuh. Berikut ini manfaat jahe :

1.      Menurunkan tekanan darah (Hipertensi)
Jahe merangsang pelepasan hormon adrenalin dan memperlebar pembuluh darah, yang mengakibatkan darah mengalir lebih cepat dan lancar serta meringankan kerja jantung dalam memompa darah.
2.      Membantu Pencernaan
Hal ini dikarenakan jahe mengandung enzim pencernaan yaitu protease dan lipase, yang masing-masing mencerna protein dan lemak.
3.      Melancarkan Peredaran Darah
Gingerol pada jahe bersifat antikoagulan akan mencegah penggumpalan darah. Jadi mencegah tersumbatnya pembuluh darah yang juga menjadi penyebab utama stroke, dan serangan jantung.
4.      Obat Mual & Masuk angin
Jahe mampu memblok serotonin, yaitu senyawa kimia yang dapat menyebabkan perut berkontraksi, sehingga timbul rasa mual. Termasuk mual akibat mabuk perjalanan. Membuat lambung menjadi nyaman, meringankan kram perut dan membantu mengeluarkan angin.
5.      Menangkal Radikal Bebas
Jahe mengandung antioksidan yang mendorong penetralan efek merusak yang disebabkan oleh radikal bebas di dalam tubuh.
6.      Meredakan Rasa sakit
Pereda rasa sakit yang alami dan dapat meredakan nyeri rematik, sakit kepala, dan migren. Caranya, minum wedang jahe 3 kali sehari. Bisa juga minum wedang ronde, mengulum permen jahe, atau menambahkan jahe saat pada soto, semur, atau rendang.
7.      Obat Kompres Daun
Jahe juga berkhasiat, sebagai obat kompres pada sakit kepala dan dapat dipercikan ke wajah orang yang sedang menggigil. Caranya dengan ditumbuk dan diberi sedikit air dapat dipergunakan sebagai obat kompres pada sakit kepala dan dapat dipercikan ke wajah orang yang sedang menggigil.

0 komentar:

Post a Comment