Tuesday, December 29, 2015

Yuk Makan Makanan yang Sehat

Pengertian makanan sehat yaitu makanan yang mengandunggizi seimbang dan mengandung zat yang sangat diperlukan oleh tubuh kita untuk terus tumbuh dan berkembang. Kandungan dalam makanan tersebut meliputi karbohidrat, mineral, protein, vitamin dan lemak tak jenuh dalam jumlah yang sedikit saja. Makanan yang sehat juga disebut sebagai makanan yang higenis, kenapa disebut makanan higenis? Karena makanan higenis tidak banyak mengandung kuman yang merupakan wabah penyakit dan bisa mempengaruhi kinerja tubuh. Syarat-syarat makanan sehat adalah sebagai berikut :
  • Harus cukup mengandung kalori.
  • Protein yang dikonsumsi harus mengandung kesepuluh asam amino utama, yaitu lisin, triptofan, histidin, penilalanin, leusin, isoleusin, threonin, metionin, valin, dan arginin.
  • Harus cukup mengandung vitamin. Harus cukup mengandung garam mineral dan air.
  • Harus mudah dicerna oleh alat pencernaan. Perbandingan yang baik antara sumber karbohidrat, protein dan lemak.
  • Bersih, tidak mengandung bibit penyakit, karena hal ini tentu akan membahayakan kesehatan tubuh serta tidak bersifat racun bagi tubuh.
Siapa sih yang tak mau hidup sehat? Semua orang pasti ingin menjalani kehidupan sehat jasmani dan rohani. Berikut 10 tips yang dapat Anda ikuti untuk mendapatkan pola makan sehat yang bisa juga dipakai untuk diet, tapi juga masih terasa enak di lidah.
1.      Mengkonsumsi Makanan Sehat Yang Kaya Nutrisi. Dibutuhkan 40 jenis nutrisi untuk membantu tubuh Anda tetap sehat dan prima sepanjang hari. Dan dari satu jenis makanan saja tidak bisa mencukupi asupan gizi semua jenis ini. Pilihan makanan sehari-hari Anda seharusnya mencakup karbohidrat dan produk padi-padian penuh lainnya seperti, buah-buahan, sayuran, produk susu serta daging, ikan atau makanan yang mengandung protein yang tinggi.
2.      Mengkonsumsi Padi-Padian, Buah dan Sayuran. Survey membuktikan bahwa kebanyakan orang tidak cukup mengkonsumsi makanan jenis ini. Apakah Anda sudah menyantap 6-1 porsi nasi atau sereal? apakah 3 porsi dari jenis yang Anda makan ini termasuk padi-padian penuh? Apa Anda sudah menyantap makanan yang terdiri dari 2-4 porsi buah dan 3-5 porsi sayuran? Silahkan tanyakan pada diri anda sendiri.
3.      Makan Dalam Ukuran Yang Layak. Lebih baik jika anda menyantap makanan yang Anda inginkan supaya Anda tetap sehat, tapimasih dalam porsi yang layak misalnya jangan lebih dari 2 porsi makan. Apa Anda tahu rekomondasi makanan masak yang disajikan adalah 3 ons. Ukuran sedang buah-buahan adalah satu porsi dan satu cangkir pasta yang seimbang dua porsi, dan 4 porsi es krim.
4.      Mengatur Berat Badan Seimbang. Berat badan yang sesuai untuk Anda tergantung pada banyaknya faktor, termasuk jenis kelamin, tinggi badan, usia dan keturunan. Kelebihan berat badan membuat tekanan darah Anda meningkat, menimbulkan sakit liver, stroke, diabetes, dan beberapa jenis kanker atau penyakit berbahaya lainnya.
5.      Kurangi, Bukan Membatasi Porsi Makan. Kebanyakan orang menyantap Makanan untuk menyenangkan diri. Jika makanan favorit Anda jenis yang tinggi lemak, garam atau gula, kunci untuk menjadikannya layak. Periksa terlebih dahulu kandungan dalam diet makanan Anda dan ubahlah jika itu perlu.

0 komentar:

Post a Comment