Friday, January 22, 2016

Air Layak Minum

Air memang sangat penting bagi kehidupan manusia, tidak hanya manusia yang membuthkan air, seluruh mahkluk hidup di bumi ini memerlukan air. Tidak ada manusia yang mampu hidup tanpa air. Setiap harinya, tubuh manusia itu membutuhkan 5-8 gelas air. Dan tentu saja air yang dibutuhkan manusia itu adalah air bersih, air yang sehat atau air yang layak minum. Kondisi lingkungan saat ini memang telah membuat sumber air bersih terutama air yang layak minum semakin hari semakin berkurang, tidak semua orang di dunia ini yang mudah mendapatkan air bersih. Pencemaran lingkungan, termasuk pencemaran air terjadi dimana-mana. Dengan adanya pencemaran air ini, tentu sangat penting bagi kita untuk mengetahui ciri-ciri air yang layak minum, bukan sekedar bersih tapi juga baik untuk kesehatan ketika diminum. Karena bisa saja air yang tidak sehat masuk ke dalam tubuh tanpa kita sadari. Kali ini kami akan berbagi tentang standar air bersih yang sehat dan layak minum (dikonsumsi).   Ciri-ciri air yang layak minum, yaitu apabila telah sesuai dengan standar air bersih, yaitu sesuai dengan syarat sebagai berikut:
Syarat Fisik :
ü  Warna: air layak minum itu bening tidak keruh atau tidak berwarna apapun.
ü  Bau: air layak minum seharusnya tidak berbau, karena bau bisa ditimbulkan oleh adanya pembusukan zat organik seperti bakteri dan kemungkinan merupakan akibat tak langsung dari pencemaran lingkungan.
ü  Rasa: rasa dari air layak minum itu tidak aneh diluar dari rasa tawar khas air, atau tidak berasa. Adanya rasa lain pada air, menandakan adanya kandungan lain dalam air, jika getir di lidah kemungkinan mengandung zat yang tidak baik bagi kesehatan.
ü  Partikel Fisik: air layak minum tidak mengandung partikel fisik, baik itu melayang maupun mengendap

0 komentar:

Post a Comment