Tuesday, June 14, 2016

Manfaat Buah Kurma

Bismillah..
Anas ra berkata, “Rasulullah SAW berbuka sebelum shalat dengan beberapa butir kurma basah (ruthab). Apabila tidak ada kurma basah di tempat beliau, maka beliau berbuka dengan beberapa butir kurma kering (tamr). Dan apabila tidak ada kurma kering, maka beliau menghirup beberapa teguk air.” (HR. Ahmad dan Abu Daud).
Salman ibnu Amir Al Dhabbi meriwayatkan bahwa Nabi SAW bersabda, “Apabila seorang dari kalian berbuka, maka hendaklah dia berbuka dengan kurma. Sesungguhnya kurma itu berkah. Dan apabila dia tidak mendapatkan kurma, maka hendaklah dia berbuka dengan air. Sesungguhnya air itu suci.” (HR. Abu Daud dan Tirmidzi).
Kandungan gula di dalam Kurma mampu memberi tambahan tenaga bagi orang yang berbuka puasa. World Health Organization (WHO), menyimpulkan zat gula yang ada didalam kurma berbeda dengan gula pada buah-buahan lain. Gula tebu atau gula pasir misalkan, mengandung sukrosa, atau zat yang langsung diserap kedalam tubuh. Saat dicerna tubuh, zat itu harus terlebih dahulu dicerna enzim sebelum berubah menjadi glukosa. Sebaliknya, kurma tidak menbutuhkan proses demikian, karena sudah berupa glukosa.
Berbuka puasa dengan buah kurma kerap disinggung Rasulullah dalam beberapa haditsnya. Salah satunya yang diriwayatkan Imam Ahmad dan Tirmidzi, yang artinya ''Apabila salah seorang di antara kamu puasa, hendaklah berbuka dengan kurma.''
Sebaik-baik makanan untuk sahur adalah tamr (kurma), dan sahur dengan tamr merupakan Sunnah Nabi n berdasarkan hadits yang diriwayatkan Abu Hurairah z dari Nabi n, beliau bersabda:
نِعْمَ سَحُوْرِ الْمُؤْمِنِ التَّمْرُ
“Sebaik-baik makanan sahur seorang mukmin adalah tamr (kurma).” (HR. Abu Dawud, Ibnu Hibban dan Al-Baihaqi, dan dishahihkan oleh Asy-Syaikh Al-Albani t dalam Ash-Shahihah no. 562 dan Shahihul Jami’ish Shaghir, 2/1146 no. 6772)
Subhanallah, ternyata Rasulullah sudah tahu keutamaan berbuka dengan kurma dibandingkan pengetahuan para ilmuan modern. Padahal Ilmu pengetahuan di zaman beliau masih sangat terbatas. Itulah bukti bahwa apa yang diucapkan Rosul Adalah Wahyu dari Allah..
Mari Mencontoh dan mengamalkan Sunnah Rosulullah yaitu Berbuka dengan Kurma.

1 komentar:

Lisnawati Euis said...

Ketahui Bahaya Kista Saat Wanita Sedang Hamil

Post a Comment